The Middle Name

Gua selalu iri setiap kali denger orang lain punya nama tengah. Menurut gua, kayaknya asik aja gitu kalo pas kenalan, elu cuma kasih nama panggilan, sementara nama asli lo bisa lebih panjang. Misterius sekali.

Atau ketika nulis nama di name tag, nama tengah cuma dikasih inisial karena kalo ditulis semua bakalan terlalu panjang dan makan tempat. Boros banget.

Kalo gua, mau misterius gimana coba. Nama gua seadanya banget, Jaka Maulana.

Pernah sih gua sesekali nanya ke bokap, apa artinya. Cuma gua udah lupa apa artinya, mungkin karena waktu denger jawabannya ternyata engga keren, jadi gua pura-pura lupa. Entahlah..

Mereka bilang, nama adalah doa. Dan ini yang bikin gua bingung. Kira-kira apa doa yang tersembunyi dibalik nama gua. Waktu masih SMP dulu, temen-temen gua panggil gua Jaka Molen. Entah karena nama belakang “Maulana” atau bagian lain dari gua yang bikin mereka selalu inget pisang. Ah, jorok aja.

Ketika masuk SMA, temen gua rada engga setuju pas denger nama gua Jaka. Terus dia kasih gua nickname “Jackie”. Panggilan ini pun kemudian melekat sampai hari ini. Malah lebih parah, kadang gua engga akan nengok kalo dipanggil “Jaka”, gua baru mau nyaut kalo dipanggil “Jackie”. Keren ya. Haha!

Tapi belakangan ini, gua lebih suka dipanggil “Jaka”. Apalagi semenjak rame GoJek. Gua engga sudi dipanggil “Jek-Jek” aja!

Meskipun singkat dan seadanya, tapi gua selalu bersyukur karena orang tua gua kasih nama gua Jaka Maulana, seenggaknya gua lebih beruntung dari kembaran gua yang dapet nama Ajie Wijaya. Karena itu artinya dia harus duduk di barisan depan tiap kali ujian, sementara gua dapet posisi di tengah. Posisi strategis yang sangat menentukan. Mungkin itu yang jadi penyebab kenapa selepas SMP, gua bisa masuk sekolah negeri, sementara kembaran gua masuk sekolah swasta. Semua karena nama.

Tapi enggak ngaruh lah negeri atau swasta. Buktinya, kuliah gua malah lebih lama.

JKMLN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s