The Denial Syndrome

Gua: “Mau bayar kuliah, mbak..”

Mbaknya: “Semester berapa, pak?”

Gua: “Konversi, mbak. Eh, kok saya dipanggil Bapak ya..”

Mbaknya: “Ya kan bapak enggak pake jilbab..”

Gua: …..

Mereka bilang, age is just a number. Bahkan orang sering bilang kalo dewasa itu pilihan.

Emang sih, gua udah enggak lagi ngerasa jadi anak kecil, tapi apa iya tampilan gua segitu tuanya. Sampe udah enggak lagi dipanggil “Mas..” atau “Bang..”.

Awalnya sih gua enggak terlalu ambil pusing. Setiap kali ada yang ngobrol sama gua pake panggilan “Pak..”, gua anggap cuma salah persepsi. Mungkin angle dia kurang bagus, jadi gua keliatan lebih tua dari aslinya. Atau mungkin dia ngerasa kalo gua beneran bapaknya, dan dia adalah seorang anak yang kehilangan sosok ayah yang selama ini dirindukannya. Ah, terlalu drama.

Tapi ternyata, belakangan ini gua malah makin sering dipanggil “Pak..”. Setiap gua mampir ke minimarket, isi bensin, sampe jajan gorengan di pinggir jalan aja tetep begitu manggilnya. Ngeselin, Pak.. Pak.. Pak.. aja, emangnya nama gua Bopak!

Sebenernya kalo dipikir-pikir sih, kadang ada enaknya juga. Ketika orang lain liat gua sebagai orang yang udah dewasa atau mungkin kelewat tua, gua bakalan berasumsi mereka enggak akan aneh-aneh. Minimal mereka engga akan kurang ajar ke gua karena mereka tau gua tua bukan anak kecil. Jadi rada segan tanpa perlu gambarin tato bunga mawar di tangan kanan.

Tapi sekali lagi gua berterima kasih karena tuhan masih mau menganugerahkan gua pikiran buat cari solusi. Seandainya nanti gua udah beneran enggak tahan sama panggilan yang bikin gua ngerasa tua, gua bakalan pake jilbab!

JKMLN

Leave a Reply

