The Light and Fast, Gnome!

Screenshot from 2015-04-10 02:25:45Ladies and Gentlemen.. Let me introduce my brand new Operating System, Ubuntu GNOME!

Selama ini gua -mewakili sekumpulan pemalas lainnya- percaya, kalo Tuhan punya cara sendiri buat ngasih kita pelajaran dalam menjalani dan mengisi kehidupan. Dan masih menurut gua juga, hal itu enggak melulu harus selalu lewat lewat buku di perpustakaan sekolah ataupun modal bengong bangku sekolah.

Beberapa waktu kemarin, ceritanya toko gua dapet pesanan laptop buat sebuah perusahaan di Bandung. Berbeda dari yang udah-udah sebelumnya, kali ini mereka minta supaya laptop-laptop tadi, harus udah pre-installed operating system Ubuntu.

Gua bukan engga pernah denger soal Ubuntu, jauh dari jaman gua pertama masuk kuliah dulu, kebetulan gua pernah akrab banget sama kakak kelas yang ambil jurusan teknik informatika dan secara mengejutkan, dia yang tampilannya geeky begitu ternyata pernah juara kompetisi robot mewakili kampusnya di Amerika sana. Canggih banget!

Dan dia juga yang pertama kali mengenalkan gua ke dunia ketak-ketik-ngasal di keyboard. Kalo nanti udah eror, baru deh gua minta bantuan sama dia. Tapi lumayan kok. Berawal dari situ, gua mulai sedikit-demi-sedikit tahu soal komputer. Dari mulai cara Open Document, Save Document, sampe Save as. Hebat kan?

Balik lagi soal laptop dengan Ubuntu tadi, ceritanya toko gua masih kasih full service. Termasuk soal repartisi internal storage lengkap sama install aplikasinya. Tapi ternyata, enggak ada satu pun dari kita yang pernah pake Ubuntu. Bahkan gua masih inget gimana girangnya temen gua waktu dia nemu cara buat klik kanan. Edan!

Singkat cerita, udah bisa ditebak. Akhirnya itu laptop cuma berubah bentuk kardusnya aja karena udah dibuka. Dalemnya enggak beda dan tetep sama kayak waktu pertama kali dia keluar dari dusnya.

Semenjak itu gua jadi penasaran, kenapa mereka minta Ubuntu, apa sih asiknya pake Ubuntu, kenapa harus Ubuntu. Dan sekali lagi, gua berterima kasih buat mereka yang selalu setia berbagi ilmu lewat dunia telematika. Hail Google! Modal baca-baca artikel dan nonton video via Youtube, sedikit banyak gua jadi tau soal Ubuntu dan alesan kenapa mereka pake Ubuntu. Alasan pertama, there no such thing as illegal copy of Ubuntu. Semuanya resmi dan upgrade-able. Bahkan buat beberapa versi Ubuntu yang punya buntut LTS (Long Term Supports) di belakangnya, dijamin buat dapet support selama 5 tahun dan nantinya bisa langsung upgrade ke versi LTS lain tanpa perlu install ulang segala. Enak banget kan!

Dan yang kedua, soal keamanan, Ubuntu disebut-sebut sebagai operating sistem yang enggak bisa ditembus virus. Karena semua proses perlu ijin dari yang punya komputer. Berbeda sama Windows yang terkenal banget sama penyebaran virus lewat Autoplay-nya.

Alasan ketiga, tampilan. Ubuntu punya tampilan dan animasi yang menurut gua enggak kalah sama Windows, tapi tetep lightweight dan engga perlu hardware requirement yang canggih-canggih amat. Belum lagi, di dalamnya banyak aplikasi yang menyediakan tweaks biar tampilannya bisa disesuaikan sesuka kita.

Dan alesan lainnya, Ubuntu punya Ubuntu Software Center dan hampir semua aplikasi yang ada di dalamnya adalah aplikasi gratis, tinggal install. Enggak perlu ribet cari tau cara ngecrack, ngepatch, isi keygen, serial number, license dan sebagainya.

Kesimpulannya, setelah tiga hari ini gua bergonta-ganti dari Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn, Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr, sampe Ubuntu 14.04 LTS-GNOME, komputer yang pake Ubuntu itu hampir sama kayak smartphone Android. Cuma aja enggak bisa dimasukin kantong. Ubuntu Software Center itu mirip sama Google Playstore, dan command sudo serta tweaksnya itu sama persis kayak root permission di handphone.

Dan ini semua bikin gua jadi makin penasaran sama Ubuntu, gua ngerasa perlu dan harus bisa pakenya sampe gua khatam, yaa, setidaknya selancar gua pake Open-Save-Save As di Windows lah..

$ sudo reboot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s