Teman Hidup

Kalo ditanya soal kriteria pasangan yang pantes buat dijadiin teman hidup hidup selamanya, pasti setiap orang punya jawaban yang berbeda-beda. Beberapa mungkin lebih suka tipe yang sedang-sedang saja, mungkin beberapa yang lainnya emang rada ribet soal tipe orang yang bakal jadi pilihannya. Dan sampe sekarang, belum pernah gua ketemu orang yang cuma pengen “asal ada aja” buat milih pasangan. Daripada engga ada.

Kemarin lusa, gua sempet ngobrol sama temen sekolah dulu soal kemungkinan dia buat nikah. Sekian lama temenan, gua baru sadar kalo ternyata sekarang, kriteria dia buat milih pasangan udah berubah seratus delapan puluh derajat. Karena seinget gua, waktu masih sama-sama di bangku sekolah dulu, dia lebih suka tipe cewek yang kurus-kecil-lucu imut-imut lugu gitu. Tapi sekarang, dia ngaku kalo dia udah memantapkan hati sama pasangan dia sekarang, yang menurut gua jauh dari kriteria dia dulu.

Oke, ketika orientasi dan niat buat nyari pasangan udah berubah jadi niat buat menjalani hubungan seumur hidup yang insyaallah bakal direstui dan kekal hingga ajal menjelang, mungkin emang terlalu muluk kalo mau yang sempurna semuanya. Setiap orang pasti punya kurang-dan-lebihnya. Engga mungkin bisa punya semuanya. Cakep tapi rajin bikin makan hati, atau jelek tapi bisa sayang dengan sepenuh hati.

Kalo gua sendiri, gua lebih kepengen buat introspeksi diri. Sebelum gua sibuk memilah-memilih soal siapa yang pantas, gua pengen memantaskan diri buat dia. Buat orang yang gua harap bisa nerima gua apa adanya. Gua pernah punya hubungan yang gua jalanin cukup lama, dan itu semua berakhir hilang gitu aja karena menurut dia, gua engga bisa diandelin dan engga punya niatan buat berubah. Dan gua engga mau kejadian kayak begitu keulang lagi nantinya.

Semoga.

Leave a Reply

