Goliath versus Goliath

Belum selesai mengenai pembahasan soal Mega Skandal Century dan Hambalang, belakangan ini kita lagi-lagi “dikejutkan” dengan celotehan Mentri BUMN, Dahlan Iskan yang menyatakan bahwa selama ini, ada oknum anggota DPR yang kerap meminta jatah pada perusahaan-perusahaan BUMN.

Siapa yang enggak kenal Dahlan Iskan. Mentri dengan label teladan yang digadang-gadang bakal maju buat jadi orang nomor satu di negeri ini tahun 2014 nanti. Ini bukan kali pertama dia diekspos media. Sebelumnya dia pernah melakukan beberapa kebijakan-kebijakan kontroversial dan aksi-aksi nyentrik yang belum pernah dilakukan mentri-mentri sebelumnya. Aksi-aksi yang kemudian melambungkan nama mantan Dirut Perusahaan Listrik Negara ini ke media. Saking seringnya Dahlan muncul ke media, seorang anggota DPR yang namanya disebut-sebut kerap meminta jatah ke perusahaan BUMN malah menyebut Dahlan sebagai “Raja Media”.

In my not very humble opinion, gua ngeliat apa yang dilakukan Dahlan ini enggak lebih dari sekedar pencitraan. Waktu dipanggil Badan Kehormatan DPR kemarin, Dahlan cuma mengungkapkan dua dari delapan nama oknum anggota DPR yang sering meminta jatah preman ke perusahaan-perusahaan BUMN. Enggak jelas maksudnya apa.

Kalo selama ini kita dipertontonkan aksi wakil rakyat yang lebih gemar buang-buang duit negara dan jalan-jalan, kali ini DPR jadi objek yang teraniaya. Dahlan Iskan sebagai “pahlawan kesiangan” dan DPR sebagai “objek penderita“. Dan gua ngeliat ini sebagai ajang pencitraan buat Dahlan dan DPR. Dua-duanya sama-sama diuntungkan.  Sementara kasusnya bakalan bernasib sama dengan Century atau mungkin Rekening Gendut Polri.

Gua gak heran, kalo ternyata pada akhirnya nanti cerita Goliath vs Goliath ini bakalan tidak terbukti, dilupakan dan menghilang gitu aja. Menurut gua, celotehan Dahlan kali ini cuma ajang memperkenalkan dirinya lebih sering ke media. Itung-itung nyicil kampanye buat Pemilihan Presiden 2014 nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s