Tips Mengobati Infeksi Pada Gusi

Kali ini gua cuma mau berbagi tips buat kalian yang mungkin punya masalah yang sama kaya yang kemarin gua alami. Biasanya infeksi pada gusi bisa mengakibatkan timbulnya benjolan pada gusi atau disekitar langit-langit mulut. Jaraknya mungkin 1 cm dari gusi. Infeksi gusi sendiri, menurut dokter gigi, bisa terjadi akibat masalah dari tambalan pada gigi yang bolong.

Kalo mungkin kalian punya masalah yang sama, dan belum sempet ke dokter gigi, atau mungkin sama-sama takut buat ke dokter gigi, kaya gua, kalian bisa coba beberapa resep obat yang kemarin gua dapet dari dokter gigi.

1. Etamox Amoxicillin 500 mg

Obat ini Obat yang masuk golongan obat keras dan tidak untuk digunakan secara bebas. Untuk membunuh atau mengeradikasi bakteri penyebab infeksi, yakni antibiotik golongan penisilin. Penggunaannya pun ada batas minimal agar tidak mengakibatkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. (*Credit goes to Elok Atiqoh, S. Farm., Apt.)

2. Cargesik Asam Mefanemat 500 mg

Obat ini masuk dalam golongan obat keras tetapi dapat diberikan oleh Apoteker atau tenaga kesehatan lain, tanpa resep, untuk kondisi tertentu seperti nyeri yang sangat dan atau bengkak- inflamasi. (*Credit goes to Elok Atiqoh, S. Farm., Apt.)

3. Kalmethasone

Obat ini Obat yang masuk golongan obat keras dan tidak untuk digunakan secara bebas, berfungsi untuk mengobati benjolan pada gusi. Minum 2 kali sehari, setelah makan. (*Credit goes to Elok Atiqoh, S. Farm., Apt.)

Untuk perawatan setelah benjolan pada gusi berkurang. Biasakan untuk membersihkan gigi. Baik dengan sikat gigi secara teratur, menggunakan obat kumur, atau membersihkan karang dan plak pada gigi. Bila cara diatas sudah tidak mempan lagi, sebaiknya segera cabut gigi yang menjadi biang masalah.

3 thoughts on “Tips Mengobati Infeksi Pada Gusi

  1. Elok Atiqoh, S. Farm., Apt. says:

    Kepada mas Jaka Maulana,,

    Perkenalkan, nama saya Elok, seorang Apoteker
    Saya ingin menyampaikan sedikit tambahan informasi mengenai artikel yang anda terbitkan,

    bahwa tips yang anda buat memang bertujuan baik, tetapi perlu dicermati bahwa ada obat yang tidak dapat diperoleh bebas tanpa resep dokter dikarenakan termasuk dalam golongan obat keras.
    Obat yang masuk golongan obat keras dan tidak untuk digunakan secara bebas adalah amoxicillin dan kalmethasone. Sedangkan asam mefenamat meski masuk dalam golongan obat keras tetapi dapat diberikan oleh Apoteker atau tenaga kesehatan lain, tanpa resep, untuk kondisi tertentu seperti nyeri yang sangat dan atau bengkak- inflamasi.
    Amoksisilin juga bukan obat untuk meredakan nyeri, melainkan obat untuk membunuh atau mengeradikasi bakteri penyebab infeksi, yakni antibiotik golongan penisilin. Penggunaannya pun ada batas minimal agar tidak mengakibatkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

    Mohon artikel yang mas maulana tulis diedit atau dikoreksi agar tidak menimbulkan salah informasi pada khalayak ramai. Mengingat penggunaan obat keras terutama antibiotik dengan cara dan aturan pakai yang tidak tepat bisa menimbulkan efek yang merugikan.

    Terima kasih,
    Mohon ditanggapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s