Bahasa Hati

Bahasa adalah identitas diri suatu bangsa.

Mungkin itulah kalimat yang paling tepat bila kita berbicara tentang bahasa Indonesia.

Baru-baru ini, Presiden SBY kembali menuai kritik akibat pidatonya yang menggunakan bahasa Inggris dalam Konfrensi Tingkat Mentri ke-16 Gerakan Non Blok. Pidato sambutan yang menggunakan bahasa Inggris tersebut dianggap melanggar Undang-Undang No. 4 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kalo dulu jamannya Pak Harto, beliau selalu menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap pidatonya. Dalam taraf internasional sekalipun. Namun kemudian muncul anggapan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap Pidato Soeharto adalah bukti bahwa Pak Harto adalah Presiden bodoh yang tidak bisa bahasa Inggris.

Kali ini pun tidak banyak berbeda. Menggunakan bahasa Inggris dalam pidato sambutan di KTM GNB yang dilakukan oleh Presiden SBY rupanya dianggap bahwa Presiden telah melanggar peraturan Undang-Undang. Meskipun kemudian muncul spekuliasi menyusul polemik tersebut. Ada yang beranggapan bahwa presiden juga manusia, mungkin lupa. Yang kemudian pelanggaran tersebut dianggap wajar.

Memang aneh. Jika presiden yang salah, maka itu wajar. Tapi jika rakyat yang salah, itu artinya kurang ajar.

Menurut gua pribadi, kemampuan berbahasa asing merupakan suatu nilai lebih bagi seseorang, khususnya presiden. Entah bahasa Jerman, Mandarin, Inggris, Prancis ataupun bahasa Arab sekalipun. Namun bahasa resmi haruslah tetap menjadi prioritas. Dalam setiap rapat Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sekalipun, tiap bangsa selalu menggunakan bahasa resmi negaranya masing-masing. Karna bahasa merupakan identitas bangsa.

Daripada bingung menentukan bahasa mana yang lebih pantas untuk digunakan, lebih baik Presiden dan atau wakilnya dan atau para mentri mulai belajar menggunakan bahasa hati, yang dimiliki oleh rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s