Pemuda perubah Dunia

Mark Zuckerberg (25, AS)

mark-zuckerberg

Ketika menciptakan situs jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia membuat Facebook untuk membantu membangun jaringan sosial bagi remaja di kampusnya saat itu, Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Kini, Facebook merupakan situs jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace. Di bawah pimpinan sang penemu, situs ini terus tumbuh hari demi hari. Jutaan pengguna baru terus mendaftar setiap bulan.

Steve Shih Chen (31, Taiwan-AS), Jawed Karim (30, Jerman-AS) & Chad Hurley (32, AS

steve-shih-chen-jawed-karim-chad-hurley

Mereka adalah pencipta dari situs “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005. Ketika itu, Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.

Pada Oktober 2006, YouTube diakuisisi (diambil alih kepemilikannya) oleh Google. Nilainya US$1,65 miliar (Rp 16,9 triliun).

Matt Mullenweg (25, AS)

matt-mullenweg

Matt Mullenweg adalah pencipta situs penyedia blog gratisan, WordPress. Ia baru berusia 19 tahun ketika mulai menciptakannya.

WordPress menjadi tenar dalam waktu singkat. Alasannya, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Hingga tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang bisa dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan.

Matt yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga ’selangit’. Ia juga bilang, tidak mencari keuntungan dari WordPress. Keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan yang dimilikinya.

Blake Aaron Ross (23, AS)

blake-aaron-ross

Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun.

Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Mozilla dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Mozilla juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.

Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, “Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.”

2 thoughts on “Pemuda perubah Dunia

  1. hahaha. membaca judul nya pertama yg terlintas d pikiran gw adalah lo bkalan buat pidato-kotbah ttg pemuda. ternyata gw salah tebak. btw, kok nama lo ga ada? jangan2 lo udah merasa tlalu tua untk d anggp sbg pemuda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s